Quiz Web Progaming

Quiz Web Progaming

Selamat Pagi,
Pada postingan ini saya akan memperbaiki script yang di dapat di zaqi.ekanum.com yang merupakan tugas yang di berikan pada hari jum’at kemarin..
Langsung saja kita mulai memperbaiki script-nya
Pertama download script yang belum diperbaiki di link diatas..
Setelah di extrak akan ada beberapa file diantaranya :
1.      Crud_oop(sql)
2.      Index.php
3.      Edit.php
4.      Library.php
5.      List.php
Setelah dijalankan pada web service local saya menemukan masalah yang ada pada saat akan melakukan edit dan pada saat delet halaman tidak auto refres jadi data masih terlihat meski sudah terhapus jika tidak mer-reload halaman.













Untuk mengatasi permasalahan pertama sekarang kita buka file list.php karena pada file ini kita akan mengambil parameter ‘id’ yang akan di gunakan pada saat melakukan edit.



100%;">
tyle="font-family: "Times New Roman","serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%; mso-bidi-font-size: 11.0pt;">Dari script diatas script yang saya tanadai merupakan script yang salah
nim=$data->id seharusnya ‘nim’ disesuaikan dengan parameter yang digunakan pada file edit.php, dimana pada file edit.php menggunakan $_GET['id'] maka untuk memperbaiki edit saya merubah nim=$data->id pada file list.php dengan ‘id=$data->id’

setalah memperbaiki script diatas masih ada permasalahan yaitu data yang ditampilkan bukan  merupakan data yang kita pilih pada halaman sebelunya,
 

hal ini karena function pada class Library masih belum benar yaitu:


diamana seharusnya function editMhs menggunakan parameter ‘$id’ tapi dalam query belum memasukan nilai paremeternya. Sehingga saya ubah function editMhs menjadi


setelah memperbaiki function maka data yang ditampilkan sesuai dengan data yang dipilih pada halaman list mahasiswa.

setelah memperbaiki script diatas maka saat kita akan melakukan edit halaman akan menampilkan data  seperti gambar
Pada form ubah data mahasiswa terdapat beberpa script yang keliru seperti pada gambar masih terjadi kesalah pada saat menampilkan data tempat Lahir, untuk memperbaikinya saya mengubah script ‘$edit->nama’ pada file edit dengan ‘$edit->tempat_lahir’ agar data yang ditampilan tempat lahir. Sedangkan untuk proses edit sendiri memiliki kesalahan pada penamaan button edit sehingga perintah edit tidak dapat dilakukan, jadi untuk memperbaikinya kita menyesuaikan nama yang ada pada form dengan nama yang akan digunakan sebagai parameter melakukan edit, dimana pada form namanya name="updates" dan pada perintahnya menggunakan if(isset($_POST['updateMhs'])) maka hal ini menyebabkan perintah edit tidak dapat berjalan. Jadi saya menyseuaikan nama dengan mengganti if(isset($_POST['updateMhs'])) menjadi if(isset($_POST['updates'])) Sehingga file edit.php yang saya perbaiki menjadi



Setelah script di perbaiki maka proses edit akan berjalan tampa masalah.

Pada proses delete sebenarnya tidak memiliki permasalahan, hanya saja pada saat melakukan delete tidak ada reload page yang menyebabkan data yang kita delet masih tampil pada list mahasiswa sampai kita melakukan reload page. Jadi saya hanya menambahkan script untuk mereload page automatis selah kita menghapus data. Adapun script yang saya tambahkan <meta http-equiv='refresh' content='0; url=list.php'> yang saya tambahkan pada perintah delet di list.php sehingga menjadi


Dengan demikian permasalah yang ada pada aplikasi crud sederhana ini sudah diselesaikan dan aplikasi ini bisa berjalan dengan baik.. dan juga tugas Quiz ini sudah selesai saya kerjakan :D..
Terimakasih..

Wassalamua’alaikum wr.wb..

0 komentar:

Post a Comment

Loading...